kumpulan buku bermanfaat

Toko Buku Online Terlengkap

Wednesday, April 3, 2013

Cara Melatih Lovebird Agar Jinak


 Cara Melatih Lovebird Agar Jinak 
anak burung love bird
cara melatih love bird agar jinak ||Siapa yang tidak ingin apabila memiliki hewan peliharaan yang bisa nurut sama tuannya...mungkin salah satunya burung lovebird, siapa bilang burung ini tidak bisa jinak..mari kita pelajari bagaimana cara agar burung cantik ini bisa menjadi jinak bahkan tidak kabur walaupun diluar kandang, dalam  melatih  Lovebird perlu kelembutan dan kesabaran. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melatih  LoveBird  anda :







1.    Langkah pertama adalah membuat Lovebird menyesuakan diri dengan kehadiran kita caranya adalah dengan duduk-duduk di samping sangkar/kandang  lovebird selama 2 atau 3 hari dan jangan sering  memasukkan tangan kita ke dalam kandang atau memegang lovebird yang akan kita latih. Bicaralah dengan lembut dengan mereka dan tunggulah lovebird mendekati ke arah kita. setelah mereka mulai kenal kita maka kita pancing dengan meletakkan  makanan di telapak tangan kita tapi kita tidak boleh memaksa lovebird untuk makan tapi biarlah mereka sendiri yang mendekati tangan kita. Lakukan pancingan ini tidak lebih dari 10 menit pada sekali waktunya. Proses pendekatan ini akan memakan waktu sekitar dua atau tiga hari atau sampai Lovebird nyaman mendekati kita.

2.    Masukkan tangan Anda ke dalam kandang lagi setelah Lovebird terbiasa dengan kehadiran kita dan makan dari telapak tangan kita kemudian kita mengelus-menyentuh lovebird dengan jari-jari kita disertai bicara yang lembut, lakukan langkah ini sekitar 10 menit sebelum kemudian kita menarik tangan kita menjauh. Hari selanjutnya kita ulangi langkah tersebut sampai burung Lovebird berani hinggap di atas telapak tangan kita. Bila sudah berani hinggap diatas telapak tangan kita maka kita jangan sekali kali menarik tangan kita dengan tiba-tiba atau membuat mereka kaget. Ulangi langkah tersebut sampai dua atau tiga hari agar burung semakin dekat dengan kita.

3.    Langkah selanjutnya adalah mengajari lovebird untuk melompat ke bawah, senggol dada lovebird dengan lembut dan perintahkan untuk melompat “lompat turun..!”  atau ” lompat naik..!”. Yang perlu di perhatikan adalah tidak boleh memaksa atau mendorong burung dengan kasar biarkan lovebird melompat dengan sendirinya. kalau sudah terampil maka latihlah LoveBird untuk lompat tanpa kita menyenggolnya. Latihan ini mungkin memakan waktu tiga hari atau lebih.

4.    Tutup semua jendela, pintu  laci atau almari termasuk cermin yang ada di ruangan kita dan amankan barang yang bisa membahayakan burung. Apabila kita memiliki hewan seperti anjing, kucing maka jauhkan dari ruangan kita. Tutup juga toilet kamar mandi.

5.    Masukkan tangan kita ke dalam sangkar dan ulangi perintah-perintah yang selam ini kita latih dengan nada lembut seperti yang biasa kita lakukan dan perlahan-lahan kalau burung sudah hinggap di tangan kita maka kita keluarkan dari kandang/ sangkarnya. Kalaupun burung agak takut ketika sudah berada di luar kandang biarkan burung terbang di sekitar kita. jangan sekali-kali mengejarnya karena akan membuatnya ketakutan. Biarkan Lovebird anda turun dengan sendirinya dan hinggap untuk kemudian kita dekati perlahan dengan mengulurkan tangan kita dan lakukan perintah seperti yang selama ini kita latih ketika masih di dalam kandang. Pelatihan di luar kandang ini mungkin memakan waktu beberapa hari dan burung hanya boleh dibwa keluar kandang sekitar 10 menitan saja pada awal-awal pelatihan di luar kandang.

Post a Comment