tempat berbagi....siapatau bisa bermanfaat..^_^

soponsor by

Friday, April 5, 2013

Sejarah burung kenari dan asal muasal burung kenari


kenari hutan atau kenari liar
sejarah burung kenari ||
Semua jenis burung kenari yang banyak diketahui orang dewasa ini adalah keturunan kenari liar yang dinamakan Serinus canarinus. Burung ini kira-kira 11-12 cm panjangnya, yang berbeda dengan apa yang kita saksikan dewasa ini. Tercata burung ini dating dari Kepulauan Kenari.

Di tahun 1478 Kepulauan Kenari ditaklukan oleh bangsa spanyol dan burung-burung kenari liar dibawa ke tanah spanyol dalam jumlah besar untuk diternakan. Kicauan burung ini menjadi terkenal dan menjadi piaraan kaum wanita kalangan berada.

Orang spanyol sangat berhati-hati di dalam memperdagangkan burung kenari ini. Hanya burung jantan yang dijual ke wilayah Eropa, sehingga memonopoli perdagangan selama hampir seabad.
Berhentinya monopoli itu terjadi dengan tidak disengaja. Pada pertengahan abad keenam belas sebuah kapal spanyol yang menuju Leghorn dan membawa sejumlah besar kenari kandas. Banyak dari burung ini yang lepas, selamat dan terbawa arus angin ke pulau Elba. Di sini burung-burung ini menemukan suatu lingkungan yang cocok dan mulai berkembang biak dengan cepat. Tak lama kemudian burung-burung ini ditemukan oleh bangsa Italia, yang tidak hanya menjualnya tetapi juga menernakannya dalam jumlah besar di negara itu. Dan kemudian mengekspornya ke Negara-negara lain. Mula-mula ke Eropa Tengah, kemudian ke seluruh Eropa, termasuk Rusia dan Inggris.
Dalam pertengahan abad ke tujuh belas, bangsa Jerman juga mulai mengekspor burung kenari yang diberi nama burung jerman, yang kemudian menjadi jenis yang dikenal sebagai burung kenari Roller.

Burung kenari Fancy mulai dikenal pada abad kedelapan belas. Salah satunya adalah London fancy, yang berupa burung kenari kuning dengan garis hitam, dan dewasa ini kita mengenal sebagai burung berbulu kuning dengan garis hitam disayap-sayapnya dan ekornya.
Kenari roler dari Jerman (diternakan didaerah pegunungan Harz) menjadi terkenal sebagai roller jerman (Harzer enderoller). Mula-mula mereka hanya sekedar beternak, tanpa memperhatikan nyanyiannya. Tetapi sekali mereka mulai mengarah untuk mendapatkan atau menghasilkan suatu jenis khusus, maka mereka berlomba-lomba untuk menghasilkan suatu jenis khusus, maka mereka berlomba-lomba untuk menghasilkan mutu yang dianggap baik, dan tiap peternak ini lalu berusaha untuk menghasilkan suatu “garis mutu” yang dianggapnya ideal. Dengan adanya pertandingan-pertandingan tahunan dan selera orang banyak pada burung dengan jenis tertentu, tentu burung itu pasaran harganya menyolok, maka para peternak mulai mengarahkan usahanya untuk mendapatkan suatu mutu nyanyian yang dikehendaki oleh pasaran. Bahkan kemudian muncul perkumpulan para peternak setelah tahun 1870. Dan perkembangan selanjutnya telah membawa hasil-hasil luarbiasa, yaitu setelah ditemukan cara-cara beternak untuk mempertahankan kemurnian bibit.
Selain burung kenari roller dari Jerman yang terkenal dan digemari orang karena lagu-lagu suaranya, ada pula orang yang menyukai suara dari jenis ini yang sudah berbeda.

Kalau burung-burung kenari peternakan-peternakan di pegunungan Harz menernakan burung yang memberikan suara “gelombang menggulung”, maka peternakan-peternakan dinegara lain termasku pada usaha untuk menghasilkan rentetan suara yang berbeda dan berusaha untuk memantapkan suara ini dengan cara pembiakan yang selektif. Hamper semua peternak belgia, terutama di Mechelen dan sekitarnya, menghasilkan suatu jenis suara yang khusus. Burung ini tidak mengeluarkan suara yang bersih dan berat seperti dikalangan jenis roller. Kehebatan burung yang dihasilkan belgia terletak pada kepandaiannya yang beraneka ragam dalam suara, yaitu dalam suatu rangkaian iarama sebanyak 17 macam. Burung seperti ini dikenal dengan nama waterslager. Dijerman sendiri burung ini diremehkan sejak dulu, sebab edelroller dianggapnya sebagai penyanyi sebenarnya.
Burung-burung dari belgia ini bukan hanya terkenal di belgia, tetapi peternak-peternak dinegara belanda dan perancis telah lama membuat suatu gabungan para peternak untuk mengembangan waterslager ini. Dan dengan semakin banyaknya hubungan dagang diberbagai Negara, burung kenari waterslager ini telah menarik banyak penggemar.


Dengan banyaknya penggemar dan adanya pertandingan-pertandingan, orang lalu memakai patokan-patokan tertentu untuk menilai suara burung kenari ini. Jelas bahwa patokan untuk jenis kenari roller akan berbeda dengan patokan untuk jenis waterslager, karena rentetan irama yang dapat berbeda jauh dan cirri yang dimilikinya. Dan patokan itu agaknya berbeda pula disatu Negara dengan Negara lain.