tempat berbagi....siapatau bisa bermanfaat..^_^

soponsor by

Thursday, October 15, 2015

Mengenal Buah Kesemek dan Manfaatnya

Mengenal Buah Kesemek dan Manfaatnya


mengenal buah kesemek
kesemek

Mengenal Buah Kesemek dan Manfaatnya Buah Kesemek merupakan buah yang menurut saya sudah jarang ditemui, kalau saya bilang buah kesemek itu buah legendaris, dulu biasa beli diwarung warung atau pasar, tapi sekarng sudah cukup sulit untuk menemukan buah tersebut.

Kesemek adalah nama sejenis buah-buahan dari marga Diospyros. Tanaman ini dikenal pula dengan sebutan buah kaki, atau dalam bahasa Inggris dinamai Oriental (Chinese/Japanese) persimmon. Nama ilmiahnya adalah Diospyros kaki. (‘Kaki’, bahasa Jepang, adalah nama zat tanin yang dihasilkan buah ini)



Kesemek yang matang berwarna antara jingga kekuningan sampai kemerahan dan berdiameter antara 2-8 cm. Buah ini dapat dimakan langsung dalam keadaan segar setelah diolesi dengan air kapur dan diperam, agar rasa sepatnya hilang. Buah juga dapat dikeringkan atau diolah menjadi selai, agar-agar, es krim dan lain-lain. Buah kesemek segar mengandung 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa, 0,7% protein, vitamin A dan kalium.

Buah kesemek yang muda mengandung zat tanin yang dinamai tanin-kaki, yang menimbulkan rasa sepat pada buah. Zat ini akan berkurang bersama dengan masaknya buah. Tanin-kaki dimanfaatkan untuk mengawetkan berbagai kerajinan tangan, membantu produksi arak-beras di Jepang, serta bahan pengobatan penyakit hipertensi.

Manfaat buah kesemek memang cukup banyak. Buah kesemek sendiri mempunyai kandungan  nutrisi yang sangat berkhasiat untuk tubuh. Bahkan bila kandungan nutrisi buah buah kesemek ini sama seperti manfaat buah apel. Buah kesemek mengandung serat yang tinggi. Kandungan seratnya dua kali lebih banyak daripada buah apel. Selain rasanya yang manis, buah kesemek kaya akan manfaat. Manfaat dari mengkonsumsi buah kesemek dapat dirasakan oleh tubuh.

Berikut beberapa manfaat kesemek untuk kesehatan tubuh

Mencegah pembuluh darah menjadi keras
Menstabilkan tekanan darah
Mencegah penyakit kanker
Memperlambat penuaan dini
Menjaga kelenturan pembuluh darah sehingga tekanan darah tetap normal
Menjaga kesehatan organ paru-paru
Memperkuat limpa
Melangsingkan tubuh bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan
Mencegah penyakit makula pada orang tua
Meningkatkan produksi sel-sel darah merah sehingga kebutuhan sel-sel akan oksigen dan sari-sari makanan akan terpenuhi dengan baik
Menjaga kesehatan organ jantung
Meningkatkan sistem imun tubuh
Melancarkan sirkulasi darah
Meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh
Anti-tumor

Manfaat Buah Kesemek Untuk Pengobatan

1. Mengatasi Hipertensi



Manfaat kesemek dapat dirasakan oleh tubuh hanya dengan mengkonsumsi langsung buah kesemek. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, buah kesemek juga dapat diolah menjadi jus segar. Minumlah jus buah kesemek setiap hari maka penyakit hipertensi yang diderita akan berangsur-angsur membaik.

Cara pengolahan buah kesemek lainnya yang dapat dijadikan sebagai obat adalah dengan cara dikeringkan. Buah kesemek yang telah dikeringkan dapat anda jadikan ramuan untuk dapat di minum.

Cara pembuatannya juga sangat mudah :
Siapkan dua buah potong buah kesemek yang sudah dikeringkan
Masukkan ke dalam panci lalu beri air dan kukus hingga matang
Haluskan buah kesemek yang sudah dikukus dan haluskan
Tambahkan madu murni sebanyak 1 sendok lalu campurkan dan minum
Ramuan tradisional yang terbuat dari buah kesemek halus ini cukup efektif untuk menyembuhkan batuk berdahak dan asma.

2. Mengobati Sakit Perut

Untuk menghilangkan sakit perut, anda bisa meredakannya dengan mengkonsumsi satu buah kesemek segar. Rasa nyeri dan panas pada perut pun akan hilang dengan sendirinya. Ada juga ramuan obat tradisional lainnya yang terbuat dari buah kesemek kering, yaitu ramuan tradisional untuk menyembuhkan diare atau disentri.

Cara membuatnya :
Rebus 2 potong buah kesemek kering
Aduk hingga menjadi bubur
Lalu campur dengan perasan jeruk nipis dan beras ketan
Konsumsi ramuan obat dari kesemek kering tersebut sehari 3 kali