tempat berbagi....siapatau bisa bermanfaat..^_^

soponsor by

Thursday, December 3, 2015

Hal yang Jarang Diketahui dari Burung Pinguin

Hal yang Jarang Diketahui dari Burung Pinguin

Pinguin merupakan jenis burung yang paling hebat berenang, walaupun tidak bisa terbang jenis burung pinguin ini handal dalam mencari makanan di laut, melihat pinguin berjalan memang sangat lucu dan menggemaskan.
dari kelucuan tingkah tingkah yang biasa dilakukan pinguin ada beberapa hal yang jarang dikatahui dari burung pinguin ini, 

ksesetiaan burung pinguin

dikutip dari : aimaifantasy.wordpress.com
- Tingkah laku pinguin
Pinguin terlihat tidak takut dengan kehadiran manusia. Mereka akan mendekat pada kelompok peneliti yang sedang mempelajari mereka.
Namun satu bentuk pertengkaran besar antar pinguin akan terjadi jika seekor ibu pinguin kehilangan anaknya (karena tidak bisa bertahan dalam badai besar atau dimakan oleh hewan pemangsa). Jika seekor anak hilang, maka ibu pinguin akan “mencuri” seekor anak pinguin dari ibu pinguin yang lain. Tingkah laku ini menarik perhatian ilmuwan. Menariknya, pinguin-pinguin betina lain dalam kelompok pinguin tersebut tidak menyukai “pencurian” ini dan akan menolong dan “membela” ibu pinguin yang anaknya dicuri.

- Kemampuan penginderaan
Pinguin memiliki pendengaran yang amat baik. Jika berada di daratan, pinguin amat mengandalkan pendengarannya. Mata pinguin beradaptasi untuk penglihatan bawah air dalam mencari makanan dan menghindar dari pemangsa. Kemampuan daya penciuman pinguin hingga saat ini masih belum banyak diketahui dan membutuhkan penelitian lebih lanjut.

- Jenis kelamin
Untuk melihat jenis kelamin pinguin sangat sulit, karena pinguin tidak memiliki kelamin eksternal. Akibatnya untuk membedakan jenis kelamin pinguin, manusia harus memakai teknik pemeriksaan kromosom/DNA.

- Kesetiaan
Sekali berpasangan, ia akan monogami. Pasangan yang sama umumnya akan kembali ke koloni yang sama dan kerap kembali ke sarang yang sama tiap tahun. Sebanyak 80-90 persen dari mereka akan terus bersama sepanjang beberapa musim berbiak secara berturut-turut, tetapi sisanya bisa bertahan bersama hingga 10 tahun lebih. Padahal, usia harapan hidup mereka hanya 13-15 tahun.

Pinguin memiliki “perkawinan” yang aneh. Pasangan pinguin tersebut meluangkan waktu mereka terpisah dengan yang lainnya dan hanya bertemu sekali di akhir Maret, setelah berjalan bersama sekitar 70 mil atau 112 km di daratan, entah itu mereka berjalan atau menggelindingkan diri. Setelah itu, pinguin melihat pasangan kawin mereka dengan cara bersiul.

Pinguin jantan diam di satu tempat, lebih rendah dari kepalanya dan dadanya untuk memanggil sang betina. Setelah mereka bertemu satu sama lain, mereka akan berdiri setinggi dada, kemudian saling bersiul dan bernyanyi. Nah, setelah itu saatnya untuk masa kawin. Ketika sedang bertelur, pinguin betina mengalirkannya secara hati-hati pada pasangannya (jika telur itu menyentuh es dan membeku maka kemudian bakal mati), untuk itu telur dijaga agar senantiasa hangat.

Pinguin betina kemudian pergi ke laut untuk mencari makan, meninggalkan sang pinguin jantan tanpa makanan selama dua bulan. Para pinguin jantan berkumpul bersama dalam satu kumpulan besar agar mengawetkan tubuh agar hangat dalam dingin dan lingkungan keras, seperti angin kencang mencapai 120 mph (200 km per jam). Ketika sang betina kembali, dia menemukan pasangannya beserta anak pinguin baru tumbuh dengan mendengarkan siulan dari ratusan pinguinnya lain.

- Penjaga Anak
hal yang lebih unik lagi biasanya ketika anak pinguin sudah bisa ditinggal oleh kedua orang tuanya makan akan dirawat oleh satu atau dua ekor pinguin penjaga, pinguin ini yang bertugas menjaga seluru anak pinguin yang ditinggal oleh kedua orang tua mereka.

- Sekutu
apabila terdapat sejumlah anak pinguin yang berkoloni dan tersesat maka tidak jarang dari jenis pinguin lain akan membantu anak anak pinguin yang tersesat tersebut serta menjaga mereka dari bahaya serangan pemangsa, pinguin memang hewan yang memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi dan mempunyai keerdasan yang sangat tinggi.

demikian lah hal - hal yang jarang diketahui dari pinguin..semoga bermanfaat